Mengidentifikasi Judul Lagu Dengan Tunatic

Apakah Anda pernah bertanya – tanya tentang siapa penyanyi dan judul lagu yang dibawakan ketika Anda mendengarkan sebuah lagu yang menurut Anda bagus ?
Untuk mengidentifikas judul lagu, ada sebuah perangkat lunak gratis dan kecil yaitu Tunatic. Aplikasi ini dapat digunakan di Mac dan Windows serta bisa mengidentifikasi lagu dengan suara.
Agar Tunatic dapat bekerja, Anda harus memasukkan lagu. Cara yang paling mudah adalah dengan menghubungkan komputer Anda ke mikrofon eksternal dan sumber lagu. Walaupun ini tampak aneh, tetapi ini dapat bekerja.
Jika Anda tidak memiliki mikrofon eksternal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan :
1. Masukkan sumber lagu langsung ke komputer Anda. Ini sebenarnya adalah cara terbaik karena tidak akan kehilangan kualitas suara.
2. Jika Anda menggunakan Mac, banyak dari Mac yang telah built-in dengan microphone, yang berarti Anda dapat menggunakan Tunatic dengan segera.
3. Jika Anda memainkan musik secara langsung dari komputer Anda, Anda dapat memilih “What you hear” sebagai input.
Bila Anda telah siap untuk mengidentifikasikan lagu, Anda putar lagu tersebut dan masukkan ke Tunatic. Klik tombol search di Tunatic untuk mendapatkan dan mengambil informasi lagu dari database-nya.

1 komentar: